Contoh Penerapan Kurikulum Merdeka pada kegiatan belajar mengajar di kelas

contoh penerapan kurikulum merdeka pada kegiatan belajar mengajar di kelas

Kurikulum merdeka adalah sebuah konsep pendidikan yang dicanangkan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai alternatif dari kurikulum sekolah yang saat itu lebih bersifat otoriter. Konsep kurikulum merdeka ini menekankan pada kebebasan dan kemandirian dalam belajar, di mana siswa diberikan keleluasaan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan minat serta bakatnya sendiri.

Berikut ini adalah contoh penerapan kurikulum merdeka pada kegiatan belajar mengajar di kelas:

  1. Memberikan siswa kebebasan untuk memilih topik pembelajaran yang diminati: Guru dapat memberikan beberapa topik pembelajaran yang relevan dengan materi yang akan dipelajari, lalu meminta siswa untuk memilih topik yang paling diminati. Dengan cara ini, siswa dapat belajar dengan lebih antusias dan bermotivasi tinggi.
  2. Menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa: Guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Beberapa metode pembelajaran yang dapat diterapkan, seperti Cooperative Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning.
  3. Memberikan tugas dan proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari: Guru dapat memberikan tugas dan proyek yang memiliki relevansi dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih bermakna dan terkoneksi dengan dunia nyata.
  4. Menumbuhkan sikap kemandirian dan kebebasan berpikir: Guru dapat memberikan tugas-tugas yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif, inovatif, dan mandiri dalam menyelesaikan masalah. Guru juga dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan berani menyampaikan pendapatnya.

Dalam penerapan kurikulum merdeka, siswa menjadi lebih aktif dan mandiri dalam belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar yang lebih baik.

———————————————————————————————————————

INGIN MENGADAKAN PELATIHAN DI LEMBAGA / PERUSAHAAN / KAMPUS ANDA

Kami Siap Melayani Anda sebagai Inhouse Training Provider

Hubungi kami BF Institute – Your Success Solution

Inhouse and Public Training Division

(+62)  85640262068

kami siap proposal, eproposal ataupun presentasi

admin@trainingsemarang.com

training semarang dotcom

———————————————————————————————————————

Kunjungi Blog Kami

Pelatihan Semarang  |  LinkedIn Training Semarang | Youtube Kami |  FB TrainingSemarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *