site stats PERMAINAN INBOUND | Training Center Semarang

INBOUND TRAINING, SERUPA

Hampir senada dengan outbound training, INBOUND GAME atau INBOUND TRAINING juga merupakan scenario permainan dalam sebuah rangkaian pelatihan yang didesain untuk beberapa tujuan, seperti: membuat simulasi akan sebuah tema atau pokok yang ingin disampaikan kepada peserta pelatihan, sebagai bentuk lain dari penguatan atau ANCHORING sebuah value yang sebelumnya telah diajarkan dalam pelatihan classical, atau tujuan outbound dan inbound training yang ketiga adalah sebagai kegiatan penyegaran atau refreshing di antara sekian kepenatan yang dialami oleh peserta pelatihan. Sehingga dapat dianggap, kedua bentuk pelatihan tersebut, outbound dan inbound training adalah serupa.

 

INBOUND TRAINING, TAPI TAK SAMA

Secara prinsip dengan kesamaan di atas, inbound training mempunyai beberapa perbedaan dengan saudaranya outbound training, antara lain : inbound training berbasis kegiatan dalam ruangan atau indoor, sedangkan outbound berbasis luar ruang atau outdoor; inbound training dapat dikategorikan sebagai low – medium games, yaitu permainan yang bertingkat resiko rendah hingga sedang, sedangkan outbound berkategori terbentang mulai dari low risk hingga high risk; inbound training seringkali mengedapankan strategi dan perencanaan, dan jarang sekali melibatkan kekuatan otot secara dominan, di sisi lain outbound training selain strategi dan perencanaan, kekuatan otot juga seringkali dilibatkan; dan paling disukai oleh para vendor adalah, inbound training minim investasi dan ongkos karena dilakukan dalam ruangan, sedangkan outbound sangat beragam, sehingga investasi dan ongkos biaya, terbentang dari murah hingga mahal. Dari beberapa perbedaan tersebut maka dapat pula dikatakan, inbound training dan outbound training itu, SERUPA TAPI TAK SAMA

 

Inbound

INBOUND TRAINING

Inbound Training

 

INBOUND TRAINING, TAK SEPOPULER SAUDARANYA

Nasib yang tidak serupa dirasakan oleh Inbound training, dibandingkan dengan nasib sang saudara yang bernama OUTBOUND TRAINING, dimana banyak lembaga, korporasi dan perseorangan seringkali mengadakan kegiatan OUTBOUND TRAINING sebagai kegiatan yang bertujuan untuk refreshing atau lebih dikenal dengan OUTING PROGRAM jika di korporasi, di pihak lain inbound training cukup puas dengan statusnya yang terkadang hanya berlabel ICE BREAKING saja. Tentu hal ini dimungkinkan disebabkan oleh beberapa sebab, antara lain, mindset public yang mengartikan bahwa kegiatan luar ruang (outdoor) mengasikkan sedangkan kegiatan dalam ruang (indoor) membosankan atau menjemukan.

Pendapat tersebut tidak dapat terelakkan lagi, disaat mayoritas peserta peminat outbound training adalah insan insan yang from Monday to Friday sudah berada dalam ruangan, dan tetap dalam ruangan dari pagi hingga petang hari, sehingga golongan ini berpendapat, games yang asyik ya di luar ruang, selain menantang andrenalin, kesejukan alam tidak dalam tergantikan oleh sejuknya AC ruang kerja mereka, dan mereka sadari itu semua, sehingga outbound training bagi golongan ini adalah REFRESHING.

Berlawanan dengan pendapat sebelumnya, ada juga beberapa golongan klien yang lebih menyukai dan memilih indoor activity, baik berupa INBOUND TRAINING maupun hanya sekedar Seminar atau Workshop, tentunya disertai beberapa simulai dan ice breaking. Golongan ini menilai bahwa, kegiatan dalam ruang lebih efektif dan lebih membawa dampak terhadap sasaran yang hendak mereka tuju, dan bagi golongan ini, bisa jadi games dan aktivitas luar ruang bagi mereka adalah hura hura, seperti senang senangnya anak muda yang tidak jelas arah, padahal perusahaan membayar mahal untuk kegiatan itu, Sehingga jatuhlah pilihan golongan ini pada INBOUND TRAINING sebagai jawaban kebutuhannya.

 

INBOUND OUTBOUND TRAINING, TETAP SAMA

    Beberapa pendapat diatas adalah abstrak kebenarannya, dapat pula dikatakan masing masing pendapat ada benarnya juga, kembali kepada para pembaca sendiri dalam menyimpulannya. Bagi kami, OUTBOUND TRAINING ataupun INBOUND TRAINING, SAMA SAJA, sama sama amanah yang harus kami tunaikan, sama sama kepercayaan klien kami yang harus kami jaga dan hormati, mereka berdua sama sama bentuk layanan kami kepada para klien kami, baik untuk golongan personal, komunitas, sekolah, kampus, korporasi maupun instansi.

Bagi kami, saat klien menghendaki salah satu bentuk kegiatan di atas, pastilah penentu kebijakan telah mempertimbangkan matang matang dari berbagai aspek. Bagi kami pula, keputusan tersebut tetaplah mandate dan amanah yang harus kami tunaikan, dalam rangka meraih apa yang di cita citakan para klien kami, tercapainya sasaran kegiatan dan terwujudnya impian akan terbentuknya tim yang solid, kompak, kokoh, bersatu, sinergi saling melengkapi, dan meningkatnya produktivitasnya. Tentu disamping aspek productivity tersebut, kami berusaha sekuat tenaga dan sepenuh hati dan tulus ikhlas, dalam melayani dan menjalankan amanah yang telah dipercayakan kepada kami, BF Institute, Divisi OUTBOUND INBOUND TRAINING.

Doa kami, Semoga Yang Terbaik Untuk Seluruh Klien Kami. WATB for YOU.

 

Ditulis DUTRIA BAYU ADI

Langsung dari meja kerjanya, 27 Januari 2015. 00.43 WIB

 

Kunjungi pula blog kami:

Training Center Semarang

Pusat Pelatihan Semarang

 

Layanan Lain Kami :

Konsultan Marketing Kampus

Share →
Get an awesome e-proposal from trainingsemarang comDownload