site stats Pelatihan dan Pengembangan SDM | Training Center Semarang

“Di dalam tubuh manusia terdapat bagian yang sangat menentukan seberapa mahal mereka dihargai, yang membedakan antara orang satu dan yang lainnya, antara orang berpenghasilan rendah dengan yang berpengahasilan tinggi dan yang membedakan orang yang layak menjadi pemimpin dengan orang yang hanya layak jadi yang dipimpin, bagian itu kita kenal sebagai OTAK.

@dutriabayuadi

ARTI PENTING PELATIHAN

Apabila kita ibaratkan otak kita sebagai sebuat gergaji, dimana gergaji digunakan untuk meringankan pekerjaan para tukang kayu dalam memotong kayu, yang tentunya semakin lama digunakan tentu akan semakin tumpul pula mata gergaji itu. Yang semula sangat tajam mata gergajinya, dimana saat digunakan memotong kayu sangat muda dan cepat, lambat laun berangsur angsur akan melambat daya potongnya seiring dengan semakin tumpulnya mata gergaji karena masa pakai.

 

Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan Pengembangan SDM

Dalam kondisi seperti itulah gergaji perlu diasah “ Sharpen The Saw”, hingga mata gergaji kembali tajam dan daya potong kembali tinggi sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memotong kayu menjadi singkat dan pendek.

Demikian pula dengan otak kita, dimana fungsi otak sebagai alat bantu atau bahkan bukan sekedar alat bantu, tapi lebih mengarah tempat dimana berkumpulnya sekian keahlian, sekian kemahiran dan sekian ilmu dan pengetahuan yang dapat kita gunakan untuk mempermudah hidup kita, baik hidup sebagai mahluk maupun hidup sebagai bagian dari komunitas ; pekerja, pemimpin; bisnisman; pedagang, dll.

Otak kita yang kita gunakan terus menerus akan menjadi jenuh, atau “tumpul” dalam bahasa gergajinya, dan membuat daya kerjanya semakin menurun, atau mungkin otak kita tidak lagi mampu mengatasi permasalah yang dihadapi, dikarenakan tingkat kesulitan masalah yang dihadapi tidak sebanding dengan kemampuan otak dalam mengatasi permasalahan tsb, baik dikarenakan kurangnya ilmu dan pengetahuan atau mungkin kurang updatenya pengetahuan yang dimilikinya. Bisa diibaratkan jaman sekarang memotong kayu sudah menggunakan gergaji bertenaga mesin, tetapi kita masih “kekeuh” atau “ngeyel” menggunakan gergaji manual, terlebih lagi jika tidak di asah alias tumpul.

PELATIHAN atau dalam bahasa inggrisnya Training dapat diartikan “Teach a person a particular skill or type of behavior through sustained practice and instruction” atau Develop and improve (a mental or physical faculty) through instruction or practice (Oxford University Press, 2015).

Katakunci yang kita cermati adalah “Develop And Improve dimana dua kata ini berarti sesuatu yang sudah ada diusahakan untuk meningkat kuntitas, kualitas, fungsi dan kemanfaatnya. Sehingga kata PELATIHAN atau TRAINING dapat pula kita samakan dengan segala bentuk dan upaya kita untuk meningkitkan kualitas dan kemanfaatan otak kita hingga otak kita menjadi lebih mudah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya, memecahkan dengan solusi yang tepat guna dan mengacu pada tingkat pengetahuan yang kekinian atau Up To DATE.

Pelatihan pelatihan yang ada banyak sekali yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang hal itu ditentukan oleh kualitas isi otak seseorang. Melalui training / pelatihanlah hal ini dapat dikembangkan, baik pengetahuan yang sudah ada untuk di update dan upgrade maupun pengetahuan baru yang samasekali belum pernah diketahui sebelumnya.

Bagaimana dengan efektifitas pelatihan ? (Effective = Successful in producing a desired or intended result. Oxford University Press, 2015). Dikatakan efektif jika harapan yang sebelumnya akan terjadi menjadi tercapai. Dalah hal ini harapan mengikuti pelatihan atau training pada masing masing orang berbeda beda, beberapa diantaranya ada yang mengikuti pelatihan atau training untuk sekedar mendapatkan sertifikat nya saja, beberapa yang lain mengikuti training karena paksaan temannya, dan ada juga beberapa diantaranya yang murni bertujuan untuk menambah ilmu dan mengupdate serta meng upgrade pengetahuan yang mereka miliki, dan menurut hemat kami, hanyalah golongan yang terkahir saja lah yang akan merasakan seberapa efektif dan seberapa manfaat yang mereka dapatkan paska pelatihan.

 

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM dalam Organisasi

Istilah `Pelatihan dan Pengembangan SDM” seringkali kita dengar di dunia professional baik institusi pendidikan maupun institusi bisnis. Hal ini terjadi dikarenakan factor SDM atau HR Human Resource sangatlah vital dalam sebuah organisasi. Bahkan perihal pembiayaan, tak kurang dari 60 % biaya produksi berasal dari Sumber Daya ini, Yaitu SDM- SUmber Daya Manusia.

Dalam bahasa sehari hari kita seringkali mendengan istilah “THE MAN BIHIND THE GUN”. Perumpamaan ini merujuk pada kondisi seberapapun hebat senjata/“GUN” kehebatannya dalam menembak sasaran tergantung pada pemakai/“THE MAN” nya. Senjata yang canggihpun akan tak berdaya jika ditangan seorang pemula, lain cerita jika senjata yang canggih tersebut dipengang oleh seorang penembak jitu yang handal dengan skills yang mumpuni bahkan diatas rata rata, pastilah senjata ini sangat hebat dalam menembak sasaran.

Satu hal pembeda antara pemula dan penembak jitu adalah SKILL ( Skill = The ability to do something well; expertise. Oxford University Press, 2015). Pembedaan ini adalah hal yang mendasar, dimana pemula masih harus mengikuti serangkaian pelatihan, serangkain pengalaman melakukan, dan serangkaian kesalahan untuk bisa menyamakan diri dengan penembak jitu tadi. Yang tentunya sang penembak jitupun dahulunya adalah seorang pemula pula.

Dalam kaitannya dengan Pelatihan dan Pengembangan SDM, seorang akan dikondisikan pada kondisi yang membuat mereka secara sistematis menjalani serangkaian proses pengembangan diri, dari pemula menjadi biasa, dari  biasa menjadi terampil, dari terampil menjadi ahli. Serangkain proses ini sangat erat kaitannya dengan adanya program program pelatihan yang terdesign sistematis dan terstruktur. Menjadikan sebuah rangkaian alur proses yang mudah dipahami dan diikuti. Walaupun hal ini hanya terjadi pada lembaga, institusi ataupun organisasi besar, bagaimana dengan diri pribadi ?

 

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM dalam Diri Pribadi

Apabila dalam sebuah organisasi maka pola alur proses pengembangan SDM seringkali sudah dan telah dirumuskan. Lain cerita dengan diri kita sendiri sebagai pribadi. Jika dalam perusahaan atau organisasi ada sebuah badan atau bagian khusus yang bertugas mengurusi hal ini, sedangkan diri kita pribadi hanyalah seorang saja, bagaimana dengan hal ini ?

Dalam pola managemen diri, seringkali kita disarankan untuk membagi diri kita sendiri kedalam beberapa fungsi, mulai dari fungsi HRD, Finance, Production hingga Marketing. Dimana pada masing masing fungsi tersebut kita menjalankan peran sesuai dengan peruntukannya, misalnya dalam kaitannya dengan PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM dalam Diri Pribadi, kita merancang atau merencakan seminar, training atau workshop apasaja yang akan kita ikuti, buku apasaja yang hendak kita beli, bahkan sampai pada rumusan skill baru apa yang harus kita kuasai dan skill apa yang perlu kita update dan upgrade. Biasanya hal ini kita lakukan di awal tahun disaat kita membuat resolusi tahunan.

Menjadikan diri sendiri sebagai president director dari perusahan kita sendiri, adalah cerminan yang simple untuk dapat menggambarkan bagaimana kita memperlakukan diri kita ini. Kita senantiasa mengevaluasi kinerja kita sebagai lini produksi, kita evaluasi diri dalam kaitannya dengan angka tawar kita sebagai seorang eksekutif yang digaji dengan angka tertentu (fungsi marketing), haruskah kita pindah ke perusahaan lain (kita jual diri kita kepada pembeli yang mau membeli / member gaji lebih tinggi #fungsi marketing diri), bagaimana dengan asset dan liabilitas kita, bagaimana dengan skill dan status kesehatan kita dll.

Inti dari topic ini, kita harus bisa mengatur diri kita dengan sebaik baiknya, sebagaimana seorang CEO memimpin sebuah korporasi besar dalam mengarungi samudera persaingan bisnis dan menjadikan korporasi nya menjadi yang terbaik terdepan dan terpercaya. Itulah diri kita.

 

Yuks jadi pribadi hebat yang banyak bermanfaat bagi banyak orang si sekitar kita

Selalu belajar, Never Ending Improvement

Keep Share, and BE HAPPY

Always Success For ALL of You

May ALLAH always in our heart

 

Ditulis oleh @dutriabayuadi

Kritik dan saran silahkan dikirim ke dutriabayu@gmail.com

Atau WA 085640262068

Share →
Get an awesome e-proposal from trainingsemarang comDownload