site stats Contoh Pelatihan Yang Seharusnya Para Calon Sarjana Mengikutinya

“Kampus adalah tempat segalanya memungkinkan untuk terjadi”. Petuah ini bukanlah tiada alasan saat diucapkan, tetapi jika kita pelajari lebih dalam kehidupan anak muda / mahasiswa saat di kampus, dengan seketika kita paham bahwa petuah tersebut benar adanya.

Masa Indah saat Kuliah

Masa masa indah saat di kampus membawa seseorang mahasiswa menjadi seseorang yang berbeda di kemudian hari, ada yang lulus jadi PNS  yang “konon masih jadi idaman calon mertua hingga kini”, ada pula yang menjadi pegawai swasta multi nasional, ada pula yang menjadi pengusaha kuliner sukses, ada yang jadi ini dan itu, dan masih banyak lagi peranan yang dimainkan para lulusan perguruan tinggi tersebut. Ironi nya tidak sedikit pula dari teman teman mereka yang masih mencari jati diri nya dengan tetap menjalankan rutinitas yang membosankan, yaitu Melamaran Pekerjaan (red= Belum dapat Kerja).

Masa kuliah bagi beberapa orang merupakan masa bebas, tanpa pengawasan langsung dari orang tua, setelah sejak lahir hingga Lulus SMA, terdapat sekian aturan di rumahnya, dan saat kuliah semua aturan tersebut hilang karena hidup kos, jauh dari ortu, bebas melakukan apa saja yang mereka mau.

Di sisi lain, di kampus dosen2 membebaskan mahasiswa nya untuk berkegiatan apapun di luar jam kuliah. Kebebasan ini bagi yang serius menimba ilmu dimanfaatkan dengan mengikuti sekian kegiatan positif, mulai dari diskusi, ukm olahraga hingga bisnis kecil kecilan ala anak kos. Well itu bagus.

 Masa Itupun Cepat Berlalu

Diakui atau tidak, masa kuliah yang dikenal dengan kebebasan bertanggung jawab cepat atau lambat pastilah berlalu. Tidak ada lagi masa sibuk membuat laporan praktikum atau tugas dosen yang deadline, tidak adalagi kelas dengan sekian sabahat yang siap bercerita indahnya malam mingguan kemarin, semua itu berganti dengan realita kehidupan diluar kampus yang dinamakan DUNIA KERJA.

 Yang Unggullah Pemenangnya

Di dunia yang sangat berbeda dengan dunia kampus, dunia kerja menuntut produktivitas tinggi, kreatifitas nyata dan bukan teori belaka, mau tidak mau membuat system “seleksi alam” dengan berjalan sendirinya secara alamiah. Hanya yang berkompeten (mempunyai kompetensi) di bidangnya saja, yang bisa survive. Bagi yang tidak mampu memenuhi minimal requirement pastilah “Tersingkir”.

Kompetisi / seleksi kejam ini bukan dimulai sejak seseorang sudah bekerja di suatu perusahaan, tapi kekejaman ini sudah dimulai sejak mereka mengetakan “TOGA” kebanggaannya, ya, ini semua dimulai sejak mereka di wisuda. Mereka bersaing dengan teman dan sahabatnya sendiri untuk memperebutkan sejumlah kecil lowongan kerja yang ada. Sekali lagi, yang unggullah yang jadi pemenangnya.

Apa Yang Idealnya Disiapkan Sebelumnya

Hal yang lain akan terjadi jika para mahasiswa sadar akan kompetisi ini sedari awal, saat masih di bangku kuliah, bahkan saat baru saja dilantik jadi mahasiswa baru di semester 1.

Kesadaran dini akan kompetisi yang kejam sedari awal ini membuat setiap mahasiswa akan menentukan sasaran pendidikannya, sasaran setelah kelulusan, bahkan mereka sedari awal telah memutuskan “akan menjadi apa kelak, setelah lulus kuliah”, jadi wiraswasta atau pekerja adalah pilihan. Dan menentukan pilihan sedari awal adalah menang di “garis start”, menang sebelum bertanding.

 

Tidak Semua Diajarkan Di Banku Kuliah

System SKS 140-an  untuk sarjana dan 110-an bagi diploma ternyata tidak bisa mengakomodir semua kebutuhan kompetensi calon lulusannya, masih banyak yang tidak diajarakan di bangku kuliah, khususnya berbagai hal yang berkaitan dengan life skills atau biasa disebut Soft Skills, seperti halnya, Leadership, Team Building, Public Speaking, Self Motivating, Business and Marketing  dan sekian keterampilan yang dibutuhkan para lulusan saat mereka berada di masyarakat.

 

Cara Mudah Mendapat Kompetensi Tambahan

Sekian banyak kompetensi yang idealnya harus dimiliki calon wisudawan, bisa didapatkan dengan cara mudah dan sederhana, adalah Ikut Training atau Workshop terkait kompetensi tersebut, ya, ikut pelatihan adalah cara cepat dan mudah mendapat kompetensi yang dibutuhkan.

 

Berikut Contoh Pelatihan Yang Idealnya Diikuti Sebelum Wisuda

  1. Training Motivasi yang membahas tentang : Cara tetap semangat dalam berbagai keadaan, jadi tuan diri sendiri, setting goal, strategi sukses mulia, success blueprint, success mindset.
  2. Training Entrepreneur yang membahas tentang :Cara memulai bisnis sendiri, 8 resep sukses anti gagal, entrepreneur mindset, cara mencari modal, memilih bisnis yang tepat.
  3. Training Marketing yang membahas tentang :Cara menjual apapun, kepada siapapun, dengan harga berapapun, kapanpun dengan mudah, dan yang beli mengucapkan terimakasih.
  4. Training Public Speaking yang membahas tentang  : Mengubah takut jadi berani, cara menggait perhatian audience, icebreaking, cara mudah menjadi pembicara.
  5. Training Leadership yang membahas tentang :Model model kepemimpinan, cara memimpin yang baik, six thinking hats, game of work, team building, team working.
  6. Training Job Seeking Strategis yang membahas tentang : Cara membuat CV yang menjual, menulis surat lamaran yang menarik, melamar kerja pasti diterima, lolos tes wawancara, lolos tes psikologi, strategi berkarir bagi fresh entry.
  7. Dan Training Training keprofesian sesuai dengan disiplin ilmunya.

Sudahkan anda membekali anda dengan banyak kompetensi tekait bidang dan minat anda, sudahkan memiliki sertifikatnya. Jika belum, segera ikuti pelatihan yang ada, kuasai ilmunya, praktekkan yang didapat dan raihlah kesuksesan anda.

 

Bagikan Cerita ini kepada teman dan sahabat anda, pastikan mereka sadar akan kebutuhan pelatihan yang semakin mendesak ini

 

 

———————————————————————————————————————

INGIN MENGADAKAN PELATIHAN DI KAMPUS ANDA

Kami Siap Melayani Anda sebagai Inhouse Training Provider

Hubungi kami BF Institute – Your Success Solution

Inhouse and Public Training Division

(+62)  85640262068

kami siap proposal, eproposal ataupun presentasi

admin@trainingsemarang.com

training semarang dotcom

———————————————————————————————————————

Kunjungi Blog Kami

Training Motivasi | Pelatihan Semarang  |  Seminar SemarangTraining Center Semarang

 

 

 

 

Share →
Get an awesome e-proposal from trainingsemarang comDownload