site stats CONTOH PASSION | Training Center Semarang

Passion (from the Greek verb ????? meaning to suffer) is a very strong feeling about a person or thing. Passion is an intense emotion, a compelling enthusiasm ordesire for something

Based on Wikipedia.

 

Passion adalah

banyak dari kita masih terkadang bingung dalam mengartikan apa itu PASSION.  beberapa ada yang mengartikan bahwa PASSION adalah semangat membara dalam diri, adapula yang mengartikan bahwa PASSION adalah dorongan kuat untuk melakukan sesuatu agar diri kita menjadi bahagia. dsb…

untuk lebih fair nya, saya unggah PASSION versi wikipedia di atas artikel. dimana wikipedia mengartikan bahwa Passion is a very strong feeling about a person or thing. Passion is an intense emotion, a compelling enthusiasm or desire for something.

rainbow passion

passion

CONTOH PASSION

ada beberapa kata yang ditekankan pada artian wikipedia diatas, antara lain : very strong feeling, intense emotion, compelling enthusiasm and desire. Dan salah satu dari ketiga kata inilah yang menjadikan sesuatu rasa dalam diri dapat dikategorikan sebagai PASSION.

1. Very Strong Feeling.

Banyak hal yang kita rasakan dalam kehidupan sehari hari, akan tetapi tidaklah semua rasa itu sangat kuat kita rasakan. Beberapa hanya kita rasakan dalam hitungan jam, bahkan paling lama hanya dalam hitungan hari, 2-3 hari kemudian rasa itu hilang tanpa ada sisa lagi. Contoh Semangat mengikuti lomba 17an di kampung. Rasa semangat ini akan berkobar saat beberapa hari digelarnya lomba lomba dan akan hilang di saat perayaan hari kemerdekaan telah selesai, bahkan di awal bulan september pun kita sudah lupa seberapa semangatnya di saat ikut lomba.

Hal ini berbeda dengan rasa yang kita rasakan saat mencapai puncak gunung yang tinggi ( Umumnya diatas 3000 mdpl ), rasa yang sangat haru dan bangga akan tetap kita ingat walau sudah beberapa waktu lamanya. dan rasa inilah yang membawa kita untuk kembali semangat dan ingin selalu mendaki gunung lagi, lagi dan lagi.

dalam kasus ini Mendaki Gunung / Hiking dalam dikategorikan sebagai Salah satu dari CONTOH PASSION.

 

2. INTENSE EMOTION

Manusia adalah mahluk sempurna yang dibekali rasa dan hari, atau bisa dikatakan diberi bekal berupa Emosi. Banyak hal di kehidupan kita sehari hari yang sangat erat dan sangat dipengaruhi oleh emosi kita, mulai dari bagaimana kita bertindak, bagaimana kita memutuskan, bagaimana kita berfokus pikir bahkan emosi menentukan bagaimana gesture dan postur tubuh kita, atau paling sepele dan contoh simple adalah, emosi menentukan pola kita bernafas, panjang panjang, atau pendek pendek, dalam atau dangkalm dsb. Intinya emosi tuan dari tubuh kita (fisik).

Terkait dengan PASSION, yang dimaksudkan sebagai Intense Emotion adalah rasa yang sedang terjadi dalam diri dan menjadi fokus pikir kita dengan disertai kekuatan atau keseriusan tinggi, bahasa komputernya, “sedang memakai space memory yang sangat banyak dan tinggi”.

bahasa sederhananya, sesuatu yang sedang konsen dipikirkan hingga tidak lagi bisa memikirkan hal lain selain yang sedang fokus dipikirkan. Contohnya: anak kecil yang sedang asik bermain mobil mobilan saat dipanggil orang tuanya kecenderungan tidak menjawab panggilan, bukan dikarenakan tidak mendengar panggilan, akan tetapi suara yang masuk ke telinga tidak diartikan sebagai suara yang penting dan harus di tanggapi.

Dalam contoh ini BERMAIN MOBIL MOBILAN adalah salah satu dari CONTOH PASSION lainnya.

Seorang designer Pesawat Ternama di US, pernah di wawancara wartawan, mengapa anda memilih pekerjaan sebagai designer pesawat bukan pekerjaan lainnya. beliau menjawab “Sesungguhnya seumur hidupku tidak sedetikpun saya bekerja, yang saya lakukan sedari saya kecil dan anak anak hingga kini adalah BERMAIN PESAWAT”.

Passion

Passion

3. Compelling Enthusiasm and Desire

Definisi ketiga untuk dapat dikatakan sebagai PASSION adalah segala sesuatu yang mengundang antusias tinggi dan pengharapa yang besar.

Apabila sesuatu hal yang kita lakukan menjadikan kita bersemangat saat melakukannya, hingga tak terasa waktu berjalan begitu cepatnya, membuat kita terbuai dalam keasyikan dalam melakukannya, menjadikan hati kita terus menerus tertambat pada hal tersebut, memaksa kita untuk selalu memikirkannya, memaksa kita untuk membicarakannya, mendiskusikannya bahkan tiada hari tanpa kita berurusan dengan hal tersebut, dilakukan dengan penuh kebahagiaan, kesukarelaan, bahkan secara ekstrim dapat dikatakan, kita bersedia melakukannya walau kita tidak dibayar. inilah yang kita sebut PASSION.

Contoh dalam hal ini antara lain: Para pecinta burung kicau, rela seharian merawat dan melakukan segala hal berkaitan dengan burung peliharaannya tersebut. mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga mereka tidur dimalam harinya.

atau contoh lain : Para pecinta batu akik, yang saat ini sedang booming dan sporadis di mana mana. mereka rela siang malam, pagi sore berkutat dengan batu akiknya, kesana kemari hal yang dibicarakan tidak jauh dari per-batuan tersebut.

Dalam 2 kasus di atas dapat dikatakan Memelihara Burung Kicau dan Kolektor Batu Akik merupakan CONTOH PASSION lainnya

 

Kesimpulan :

Apapun PASSION kita apabila hal tersebut produktif dan bermanfaat, serta dilakukan dengan penuh keyakinan niscaya akan menjadi sumber penghasilan yang sangat besar, sebagaimana designer pesawat tadi, dimana dia dibayar mahal hanya karena hobinya terkait pesawat.

Bisnis atau karir akan menjadi indah dan mudah dilakukan jika itu merupakan kesenangan atau kesukaannya, nasehatnya berkata JADIKAN HOBIMU sebagai BISNIS MU, NISCAYA KAMU CEPAT SUKSES.

Lebih mudah berbisnis jika itu adalah passion baginya.  Passion di mancing, bisnis alat alat pancing atau kolam pemancingan. Passion di Hiking, berbisnis Outbound Training atau Fun Tracking. Passion dalam belajar dan mengajar berkarir sebagai GURU, DOSEN, atau Pembicara, dsb…

 

— End—

 

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Mohon maaf atas segala salah. Salam Sukses Penuh Barokah ALLAH SWT.

 

Ditulis oleh DUTRIA BAYU – Master Trainer TrainingSemarang.Com

Kritik saran dan diskusi kirimkan ke

Teks / WA ke 085640262068

email dutriabayu@gmail.com

Share →
Get an awesome e-proposal from trainingsemarang comDownload