site stats persiapan merantau | Training Center Semarang

Mereka yang pergi merantau demi mencari ilmu (termasuk adik-adik santri di Ma’had) atau mencari nafkah, Insya Allah akan merasakan apa yang dinasihatkan Imam Syafi’i:

persiapan merantau

persiapan merantau

  1. “Berangkatlah, niscaya engkau akan mendapatkan ganti untuk semua yang engkau tinggalkan“, sebab akan ada teman baru, hobi baru, suasana baru yang membentuk sebuah kepribadian baru.
  2. “Bersusah-payah-lah, sebab kenikmatan hidup direngkuh dalam kerja keras“. Keluar dari zona nyaman memang membutuhkan usaha yang sangat keras, dan sudah pasti di zona baru harus bersusah payah.
  3. “Bijih emas yang belum diolah sama dengan debu di tempatnya“. Orang-orang hebat yang baru pulang dari rantauan itu dulunya juga orang yang biasa saja dan tak ada bedanya dengan komunitasnya.
  4. “Ketika air mengalir, ia akan menjadi jernih; dan ketika berhenti ia akan menjadi keruh“. Dengan ter-updatenya pengetahuan dan pengalaman, maka akan bertambahlah kejernihan berpikir seseorang.
  5. “Sebagaimana anak panah, jika tidak meninggalkan busurnya, tak akan mengenai sasaran“. Betapapun hebatnya sebuah rencana, tidak akan ada gunanya bila tdk di-MULAI.
    Sumber : http://immim dot sch.id/nasihat-imam-syafii-bagi-yang-merantau/
Share →
Get an awesome e-proposal from trainingsemarang comDownload